Alam Meminta Waktu Untuk Melakukan Tugasnya


Endapan Awanpanas Purba di Cangkringan
Sebagaian besar ahli geologi tentunya tahu bahwa tanah tapak bumi ini yang kita pijak dan untuk hunian manusia milyaran jumlahnya dan makhluk hidup lainnya  ini merupakan sebuah endapan, demikian catatan dari Pakde yang ahli Geologi

Proses pengendapannya telah terjadi jutaan tahun silam, ribuan tahun lalu, puluhan tahun lalu, dan juga TAHUN LALU ! dengan bermacam-macam proses pengendapan. Kalau di gunungapi ada endapan namanya lahar dingin, endapan piroklastik. Di dataran juga ada endapan banjir bandang (alluvial fan), ada endapan hasil limpahan sungai (splay), ada endapan gosong pasir (hasil erosi sungai). Di pantai kita mendapati endapan banjir muara dan endapan pasang-surut, tidal (Rob). Jadi kalau semua proses diatas adalah suatu proses merugikan dan membahayakan, hampir semua tempat kita berpijak merupakan hasil proses yg selama ini sering disebut BENCANA !

Kenali perilakunya, kenali tabiatnya, ketahui perubahannya. Erupsi gunungapi terjadi sebulan dalam selang waktu 4-20 tahun, banjir terjadi dua pekan dalam satu tahun. Rob terjadi sekali sebulan. Salah satu tujuan MITIGASI adalah mengetahui saat kapan harus memberikan ruang dan waktu kepada alam. Alam hanya meminta waktu sementara untuk melakukan tugasnya …. mengendapkan bawaannya.

Catatan alam tentang terjadinya kejadian banjir bandang dimasa lalu. (sumber Salahuddin, dosen geologi ugm)
Share: