Pendakian Gunung Ungaran Via Perantunan Bandungan


   Gunung Ungaran berketinggian 2.050 mdpal gunung berapi bertipe Stratovolcano terletak di Ungaran, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah. Terdapat sumber mata air panas di kaki gunung Ungaran yang mengindikasi bahwa ada aktivitas panas bumi di bawah tanah. Sumber mata air panas ini terletak di Candi Gedong Songo dan Gonoharjo, Limbangan, Kendal. Ada juga peninggalan purbakala Candi Gedong Songo di area wisata Bandungan. Terdapat pula banyak air terjun atau curug, diantaranya curug Tujuh Bidadari, curug Goa Palebur Gongso, curug Tirtowening dan curug Tirtowati, curug Kelenting Kuning, curug Semirang dan Curug Lawe. Sebelum puncak  di daerah Promosan terdapat Gua Jepang diantara lereng lereng kebun teh.

Gunung Ungaran dengan puncak Banteng Raiders memiliki keindahan tersendiri, yang memiliki fauna dan flora edemik. Gunung Ungaran mempunyai kawasan hutan Dipterokarp Bukit, Hutan Dipterokarp Atas, Hutan Montane, dan Hutan Ericaceous atau Hutan Gunung. Dari puncak gunung akan terlihat pemandangan yang indah deretan beberapa gunung yaitu gunung Lawu  gunung Merapi, gunung Merbabu, gunung Telomoyo, gunung Andong dan Kendalisodo dengan hamparan Rawa Pening, berjajar gunung Sindoro Sumbing yang di belakngnya gunung Prahu.


Gunung Ungaran dari sebelah timur

Jalur umum pendakian Gunung Ungaran bisa melewati jalur Basecamp Mawar, Jalur Candi Gedong Songo, Jalur Promasan dan jalur Perantunan. Dibukanya jalur baru yaitu jalur Perantunan, Gintungan, Bandungan akan lebih dekat menuju sampai di puncak, karena hanya membutuhkan waktu 2,5 sampai 3 jam dengan estimasi waktu ini tergantung pada stamina setiap pendaki.

Base camp Perantunan berada di Jl.Gintungan Utara, Legowo, Duren, Kec. Bandungan, Semarang. Dari pasar wisata Bandungan bisa menggunakan kendaraan bermotor berjarak 3 km sampai di base camp Perantunan melawati jalan kampung dan kebun bunga mawar serta sayuran. Mengetahui medan sebelum mendaki serta persiapan mental dan fisik adalah hal penting sebelum melakukan pendakian gunung. Hal ini untuk meminimalisir terjadinya kecelakaan digunung seperti penyakit hipotermia.

Base camp - Pos 1
Dari sini kita mulai perjalanan menuju puncak Ungaran, estimasi waktu 2,5 sampai 3 jam. Perjalanan dari base camp sampai ke pos satu disebut juga Watu Omah Atau Watu Lawang hanya membutuhkan waktu kurang lebih 10 menit. Jalan bebatuan yang ditata rapi dan landai. Melewati area base camp dengan kawasan camping, kebun bunga, gardu pandang serta kebun warga yang menyambut pendaki dengan gapura menuju pos satu.

Gapura Jalur Perantunan


Pos 1 (Watu Omah) - Pos 2
Setelah melewati pos satu atau Watu Omah jalan masih landai tidak begitu menanjak. Dengan dikelilingi berbagai macam pepohonan dan burung pemakan biji bijian. Jalur ini saat musim kemarau tanah berdebu. Waktu tempuh sampai pos dua kurang lebih 15 menit.

Pos 1 (Watu Omah)


Pos 2 (Watu Jajar) - Pos 3
Pos dua ini masih sama dengan pos yang sebelumnya, jalan yang tidak begitu menanjak dan masih disekeliling hutan. Waktu yang dibutuhkan kurang lebih 15 menit. Di pos dua ini disebut Watu Jajar karena di sebelah pos kita bisa menemukan dua buah bongkahan batu yang berdiri sejajar.

Pos 2 (Watu Jajar)


Pos 3 (Watu Srumpuk) - Pos 4
Menuju ke pos empat medan mulai banyak tanjakan. Mulai ada beberapa tanjakan yang curam saat  setelah melewati Ondo Rate Kolo Keciko hingga sampai di pos empat. Waktu yang dibutuhkan kurang lebih 20 menit.

Pos 3 (Watu Srumpuk)

Kawasan Ondo Rate Kolo Keciko


Pos 4 (Kolo Keciko) - Pos 5
Mulai pos tiga hingga pos empat medan sudah banyak tanjakan yang curam hingga ke Pos lima medan dengan tanjakan yang sangat curam. Melewati Lembah Hantu yang disekelilingnya tumbuh pohon-pohon besar menuju ke pos lima kita ektra tenaga dan pernafasan karena sampai ke pos lima tanjakan sangat curam dan tidak ada bonus jalan yang landai. Waktu yg dibutuhkan kurang lebih 35 menit, karena medan yang sangat menanjak dan sering jeda untuk menstabilkan pernafasan dan otot-otot tubuh.

Pos 4 (Kolo Keciko)

Kawasan Lembah Hantu


Pos 5 (Tanggal Boyo) – Ratan Watu Lumpang
Setelah melewati pos lima sedikit ada bonus dengan jalur landai. Dan menuju ke Ratan Watu Lumpang medan kembali dengan tanjakan yang curam. Butuh waktu kurang lebih 20 menit untuk sampai di Ratan Watu Lumpang.


Pos 5 (Tanggal Boyo)


Ratan Watu Lumpang - Lembah Jinten
Setelah sampai di Ratan Watu Lumpang kita masih melalui tanjakan hingga sampai di Lembah Jinten dengan medan yang masih menanjak tapi tidak begitu curam. Kurang lebih waktu yang dibutuhkan 15 menit. Di area ini kita bisa menyaksikan tumbuhnya pohon-pohon besar dengan diselimuti lumut hijau dengan rimbunnya pohon rotan di sela-sela pepohonan besar.

Kawasan Ratan Watu Lumpang


Lembah Jinten - Puncak Banteng Raiders
Disini 10 - 20 menit perjalanan sedikit lagi akan sampai ke puncak Banteng Raiders. Setelah melewati Lembah Jinten medan masih menanjak dengan sekelilingnya pohon-pohon yang berusia tua dan diselimuti dengan lumut hijau. Sampai di Camp Area jalur sudah landai karena di sini biasanya para pendaki mendirikan tenda untuk memasak dan beristirahat. Diantara persimpangan ini menandakan jalur ke Gedongsongo dan Jalur ke Perantunan Bandungan. Setelak sampai di Camp Area maka hanya beberapa meter lagi sudah sampai di puncak gunung Ungaran yaitu puncak Banteng Raiders.


Kawasan Lembah Jinten

Camp Area dan persimpangan
antara jalur ke Gedong Songo dan jalur Perantunan

Puncak Banteng Raiders

Peta jalur Perantunan Bandungan