Seharusnya Kita Jujur Pada Alam

Saya terkesan dengan catatannya Pakde yang ahli Geologi perihal “kita harus jujur pada alam karena sebenarnya dataran banjir itu subur dan stabil”. Ternyata di balik bencana ada hikmahnya kalau kita mau perfikir positif dan tidak semata-mata menyalahkan bencana.
Salah satu contoh saat banjir Bengawan Solo dan sungai-sungai di Pantura yang hanya dua pekan, telah di barengi dengan penyebaran dan penyegaran unsur-unsur hara yang menyuburkan tanah pertanian. Di lain sisi pada saat gunungapi meletus menebarkan abu vulkanik selama sebulan, akan menyuburkan tanah ini hingga 20 tahun kedepan.
Salah satu contoh, ini foto tunas-tunas baru di area lahan Merapi yang tiga pekan setelah erupsi, alam mampu menyembuhkan dirinya.

Pohon yang mulai tumbuh tunas, diambil 3 minggu setelah tersapu awan panas

Sebuah dataran banjir merupakan daerah lahan yang rawan terhadap banjir. Orang-orang menyadari itu rawan banjir karena telah membanjiri di masa lalu karena sungai atau aliran meluap melampaui tanggulnya .

Sebuah dataran banjir memang biasanya merupakan daerah datar dengan daerah yang posisinya lebih tinggi di kedua sisi . 

Dataran banjir bisa sangat kecil atau juga sangat besar . Dataran banjir kecil kadang-kadang merupakan bagian yang di sebut lembah.
Bila diasuransikan rumah yang dibangun di dataran banjir kecil sering membutuhkan asuransi lebih karena kerusakan akibat banjir yang lebih mungkin terjadi di sana daripada di ketinggian yang lebih tinggi .

Dataran banjir besar hampir meliputi seluruh Pantura atau sering disebut Pantai Utara Jawa, dan juga Pantai Timur Sumatera. Di delta Sungai Mekong Vietnam , dataran banjir dari sungai Hau dan Tien mencakup lebih dari 12.000 kilometer persegi atau  7.450 mil.

Aliran Sungai Bengawan Solo di sekelilingnya lahan pertanian yang sangat subur

Dataran banjir biasanya adalah daerah pertanian yang sangat subur. Banjir membawa sedimen yang kaya nutrisi. Mereka menyebarkan sedimen untuk wilayah yang luas. Dataran banjir yang datar dan memiliki relatif sedikit batuan berukuran besar sehingga sangat cocok untuk tanah pertanian. Dataran banjir Sungai Nil telah pusat Mesir pertanian selama ribuan tahun .
Sebenarnya banyak keuntungan tinggal di flood plain atau dataran banjir sungai besar. Banjir biasanya musiman dan semestinya dapat diprediksi beberapa bulan sebelumnya. Kemampuan memprediksi dengan baik akan membantu untuk mengembangkan sektor pertanian, transportasipun dapat memanfaatkan aliran sungai.

Dengan demikian akan dapat manfaat bila kita mengikuti polah perilaku sungai, karena biasanya musim banjir mudah diprediksi. Daerah ini juga stabil, sehingga membuat dataran banjir lokasi yang ideal untuk mengembangkan daerah perkotaan. Dataran banjir antara sungai Tigris dan Efrat adalah rumah bagi beberapa peradaban paling awal di dunia dan kota pertama yang terkenal salah satunya karena dukungan produk pertaniannya.
Share: