7 Puncak Tertinggi Di Indonesia

Dunia memiliki tujuh puncak tertinggi. Media RajaKamar merangkum di Indonesia juga memiliki kategori serupa yakni tujuh puncak tertinggi di Indonesia atau yang lebih dikenal oleh travelers dengan istilah “The Seven Summits of Indonesia”
Bedanya jika dunia merupakan tujuh puncak tertinggi di tujuh benua di dunia, di Indonesia merupakan tujuh puncak paling tinggi di tujuh pulau dan kepulauan utama Indonesia. Tujuh pulau tersebut adalah Jawa, Sumatra, Papua, Kalimantan, Sulawesi, Kepulauan Maluku dan Kepulauan Nusa Tenggara (Bali dan Nusa Tenggara).
Inilah 7 puncak tertinggi di Indonesia, dimulai dari urutan ke-7 :

7. Gunung Bukit Raya (Kalimantan)
Sebenarnya gunung tertinggi di Kalimantan adalah Gunung Kinabalu Travelers, namun karena gunung tersebut berada di wilayah Malaysia maka puncak tertinggi di Kalimantan dalam “The Seven Summits of Indonesia” dipegang oleh Gunung Bukit Raya dengan ketinggian 2.278 mdpl. Gunung yang terletak di Kabupaten Katingan, Kalimantan Tengah ini adalah bagian dari Muller Schwaner dan bukan merupakan gunung berapi. Rute pendakian bisa dimulai dari Nanga Popai Kalimantan Barat.


6. Gunung Binaiya (Kepulauan Maluku)
Puncak tertinggi di Kepulauan Maluku adalah puncak Gunung Binaiya yang memiliki ketinggian 3.027 mdpl. Gunung tidak berapi ini terletak di pulau Seram dalam wilayah Kabupaten Maluku Tengah. Rute pendakian bisa dimulai dari Desa Kanike.


5. Puncak Rantemario Gunung Latimojong (Sulawesi)
Puncak tertinggi di pulau Sulawesi dipegang oleh Gunung Latimojong dengan puncak tertingginya bernama Rantemario dengan ketinggian 3.478 mdpl. Pegunungan Latimojong merupakan gunung tidak berapi yang terletak di Kabupaten Enrekang, Sulawesi Selatan. Rute pendakian dimulai dari Desa Karangan. Untuk Informasi lagi nih Travelers, menurut beberapa sumber ada yang menyatakan bahwa puncak tertinggi di Sulawesi adalah Rantekombola yang berada berdekatan dengan Rantemario. Untuk mengetahuidengan pasti yang mana puncak tertingginya Travelers bisa mendaki Gunung Latimojong kemudian silahkan di ukur sendiri.


4. Puncak Mahameru Gunung Semeru (Jawa)
Siapa yang tidak kenal Gunung Semeru, setelah suksesnya film 5 cm pasti banyak Travelers yang ingin melihat secara langsung keindahan Puncak Mahameru yang merupakan puncak tertinggi di pulau Jawa dengan ketinggian 3.676 mdpl. Gunung yang berada di propinsi Jawa Timur ini terletak diantara wilayah Kabupaten Malang dan Lumajang dengan rute pendakian yang dapat dimulai dari Desa Ranupane.


3. Gunung Rinjani (Kepulauan Nusa Tenggara dan Bali)
Gunung dengan ketinggian 3.726 mdpl merupakan gunung berapi yang berada di pulau Lombok propinsi Nusa Tenggara Barat. Rute pendakian bisa dimulai dari desa Sembalunlawang. Oh iya Travelers, Gunung Rinjani memiliki mitos bahwa jika sudah sampai puncak maka Anda akan melihat bayangan seperti puncak gunung, dan bayangan itulah yang diyakini sebagai puncak sesungguhnya dari Gunung Rinjani.


2. Puncak Indrapura Gunung Kerinci (Sumatra)
Puncak gunung tertinggi di pulau Sumatra yang dikelilingi hutan Taman Nasional Kerinci Seblat ini berada di perbatasan propinsi Sumatra Barat dan Jambi ini memiliki ketinggian 3.800 mdpl. Karena keindahan dan kemegahan alamnya gunung kerinci dijuluki sebagai “Sekepal Surga yang tercampakkan ke Bumi”. Untuk Travelers yang ingin mendaki gunung kerinci ini bisa melalui rute Desa Kresik Tua.


1. Cartenzs Pyramid Pegunungan Sudirman (Papua)
Ini dia puncak tertinggi di pulau Papua dan tentu saja di Indonesia yaitu Cartenzs atau yang lebih dikenal dengan nama Puncak Jayawijaya memiliki ketinggian 4.884 mdpl. Puncak Cartenzs (Jaya) merupakan bagian dari pegunungan Maoke (Barisan Sudirman) yang terletak di propinsi Papua. Puncak Jaya juga merupakan Seven Summit dari tujuh benua versi Reinhold Messne. Rute pendakian bisa melaui Ilaga (jalur utara) atau Singa dan Tembagapura (jalur selatan).

Share: