Kritik Buat Para Pendaki Gunung


Sejenak kaupun menoleh ke belakang Oh., pematang itu tak terlihat lagi, bukit hijau menggugah jiwa… Tiada yang sia-sia selama ini, Tiada yang lenyap musnah Segalanya telah melahirkan makna mendalam …….

Kritik Ritta Ruby Hartland kepada para pendaki gunung, catatan ini dari Referensi Berita Lingkungan. Ritta Ruby Hartland adalah satu sosok penyanyi Indonesia yang terkenal  yang piwai membuat lirik lagu bertema alam.  Kecintaan pada alam dan lingkungan hidup Ritta Rubby bisa ditelusuri dari lirik lagunya.

Salah satu album Ritta yang sangat terkenal dikalangan para pendaki gunung dan pencinta lingkungan berjudul Kepada Alam dan Pencinta-Nya. Lirik lagu itu penuh makna. Lewat lagu itu pula Ritta mengkritik dan menggugat para pendaki gunung dan siapa pun mengaku sebagai pencinta alam, namun aktivitas justru merusak alam, menarik untuk diresapi.
" Kala kita mau mendengar dan mempelajari sifat-sifat alam, kecil kemungkinan untuk berbuat anarkis dengan alam. Begitu juga alam akan memposisikan kita sebagai penghuni yang santun "


Kepada Alam dan Pencipta-Nya
By - Ritta Ruby Hartland

Pendaki Gunung Sahabat alam Sejati
Jaketmu penuh lambang..  lambang kegagahan
Memprolamirkan dirimu pencinta alam
Sementara maknanya belum kau miliki

Ketika aku daki dari gunung ke gunung
Di sana kutemui kejanggalan makna,
Banyak pepohonan merintih kepedihan
Dikuliti pisaumu yang tak pernah diam

Batu-batu cadas merintih kesakitan,
ditikam belatimu yang pernah  terayak
Hanya untuk mengumumkan pada khalayak,
bahwa disana ada kibar benderamu,

Oh .. alam korban keangkuhan
oh...  alam korban keangkuhan,
Maaf kan mereka, yang tak mau  mengerti arti kehidupan


" Manusia adalah makluk Tuhan yang sepurna, namun kelebihan manusia sebagai makhluk bukanlah pada akalnya melainkan pada kesadarannya.
Pada akal manusia menang tingkat dari hewan yang walaupun sangat rendah, bukanlah tidak punya sama sekali seperti pada hal kesadaran itu. Kalau ada kelebihan hewan dari manusia, itulah kelengkapan tubuhnya "


Share: