Makanan Beracun di Gunung


   Saat dalam bersurvival kelangsungan hidup sesesorang itu sangat tergantung pada dirinya sendiri untuk mempertahankan hidupnya. Makanan baik tumbuhan ataupun hewan hampir semua dapat di makan, tergantung adaptasi tubuh kita terhadap makan yang kita konsumsi. Makanan baik yang berupa akar (umbi), daun, buah dan sebagainya.

Bila kita ragu-ragu atau tidak mengenal sama sekali tumbuh-tumbuhan dengan pasti maka yang perlu di perhatikan adalah :
  1. Menghindari tumbuhan yang berwarna mencolok
  2. Di coba terlebih dahulu dengan mencicipi atau mengoleskan pada kulit atau tangan dan tunggu beberapa menit. Jika reaksi terasa gatal atau menyengat jangan di makan. Namun semua ini tergantung dari fisik setiap orang yang mencoba.
  3. Jangan memakan satu jenis tumbuhan terlalu banyak. Sebaiknya di usahakan agar banyak memakan tumbuuhan lain sedikit-sedikit.
  4. Perhatikan dengan seksama  keadaan sekitar tumbuhan itu, apakah ada bekas gigitan, rengutan atau jejak hewan. Jika indikator ini ada berarti dapat di makan.
  5. Agar lebih selamat hindarkan makan jamur apapun jika kita awam masalah ini.
  6. Binatang sama juga dengan tumbuhan, tergantung tega, jijik atau suka. Contohnya ular potonglah sejengkal dari arah kepala dan ekor, gunanya untuk menghindari dari bisa.
Untuk mengetahui tumbuhan yang dapat di makan ada beberapa hal:
  1. Jika kita kenal dengan mengetahui atau atas petunjuk penduduk setempat
  2. Tumbuhan yang dapat di makan binatang, khususnya binatang yang menyusui. Kemungkinan besar aman untuk kita makan
  3. Tumbuhan yang beracun atau tidak, di coba atau di cicipi terlebih dahulu, atau getahnya di oleskan di kulit dan tangan, apakah gatal atau tidak seperti tersebut di atas.

Sedangkan unutk mengenali tumbuhan yang beracun adalah :
  1. Buahnya dengan warna yang mencolok.
  2. Getahnya yang berwarna putih susu, kemerah-merahan, kehitam-hitaman biasanya mengakibatkan gatal. Kebanyakan tumbuhan ini pada batangnya.
  3. Pada umumnya bentuk daun yang permukaannya berbulu.
  4. Tumbuhan ketika di makan menimbulkan rasa pahit atau panas.

    Tumbuhan pakis dengan daun mudanya dapat dimakan
    jika dalam keadaan darurat/survival
Share: