Alam dan lingkungan

   Interaksi manusia yang satu dengan yang lain adalah sebuah tuntutan kegiatan sosial karena komponen lingkungan hidup saling membutuhkan dan tidak bisa berdiri sendiri. Beberapa contoh komponen penting lingkungan hidup adalah lingkungan hidup alam,bersosial dan lingkungan hidup buatan manusia.
Lingkungan hidup alam contohnya hutan dan gunung akan terbina lingkungan hidup sosial terhadap para pendaki atau pecinta alam yang satu dengan lainnya.Dan lingkungan hidup sosial akan membutuhkan SDA untuk memajukan kehidupan SDM maka kehidupan masyarakat yang maju akan semakin banyak membutuhkan SDA lebih banyak. Pembangunan infrasetruktur perkotaan adalah salah satu contoh lingkungan hidup binaan atau buatan. Disinilah lingkungan sosial yang sudah beragam ilmu pengetahuan akan mempengaruhi lingkungan alam dan lingkungan buatan.

Alam dan lingkungan selalu akrab dengan manusia. Udara,air,tumbuhan,binatang,hutan dan gunung kita dapat merasakan keberadaannya dalam kehidupan kita sehari hari. Semakin banyaknya orang yang ingin tahu lebih banyak tentang alam dan isinya mereka ungkapkan melalui kegiatan di alam bebas salah satunya adalah mendaki gunung. Motivasi mendaki gunung beraneka ragam karena manusia membutuhkan spikologis seperti kebutuhan lainnya yaitu kebutuhan  akan pengetahuan dan pengalaman baru, kebutuhan untuk mengembangkan diri dan berprestasi dan untuk diakui lingkungan masyarakat dan Negara. Berkegiatan di alam bebas bisa mengembangkan diri dan mencoba menyelidiki, mempelajari kehidupan di alam bebas seperti flora fauna gejala air (air terjun,danau,gua) yang tersedia di alam bebas. Dalam rangka memelihara lingkungan hidup alam memberikan nilai dan arti bukan hanya bagi kelompok tertentu ataupun organisasi tertentu tapi yang lebih utama untuk kebaikan dan manfaat bersama.

Pengelolaan sumberdaya alam yang benar dan mengongsumsi sesuai kebutuhan akan memberikan kelanjutan dan kelangsungan hidup pada generasi mendatang, juga di tunjang dengan sumberdaya manusia yang produktif.
Share: