Inilah Manfaat Luar Biasa Membuang Sampah Pada Tempatnya


Dari catatan sahabat Informasi unik dan bermanfaat. Sampah adalah barang sudah tidak terpakai yang sering kita hasilkan setiap hari. Mulai dari sampah plastik, organik, logam dan sebagainya. Betapa besar dampaknya jika sampah dibuang secara semabarangan seperti di sungai, jalanan, pekarangan rumah, didalam rumah dan sebagainya. Ini akan berdampak buruk bagi kesehatan. Untuk itu perlu adanya kesadaran bagi setiap masyarakat akan pentingnya kebersihan dan kesehatan lingkungan sekitar.
Banyak sudah lembaga swasta maupun pemerintah yang terus mengupayakan sampah menjadi produk yang bermanfaat untuk bisa digunakan kembali dalam berbagai produk keperluan sehari-hari. Misalnya sampah plastik yang bisa dibuat menjadi produk tas. Ini memunculkan sebuah kreativitas yang bagus untuk masa depan masyarakat agar punya kesadaran tinggi akan sampah plastik yang bisa lebih dikembangkan dan diubah menjadi produk multiguna.

Dari hal ini kita dapat menyimpulkan bahwa sampah tidak selamanya sampah atau barang yang tidak berguna sama sekali. Ada sisi manfaat dari sampah yang dihasilkan untuk diolah kembali menjadi produk yang memiliki nilai jual dan fungsi bagi masyarakat.
Mungkin masih banyak dari kita yang belum mengetahui apa saja manfaat luar biasa dari membuang sampah pada tempatnya. Ini sungguh penting bagi kita agar pengetahuan tentang arti sampah dan mengelola sampah di lingkungan menjadi tersebar luas sehingga masyarakat bisa mendapat manfaat dari  hal ini.

Berikut manfaat yang didapatkan jika kita membuang sampah pada tempatnya:

  • Menjaga kebersihan
    Seperti pepatah yang sering kita dengar sampai sekarang. Kebersihan pangkal kesehatan. Jadi, bisa disimpulkan disini bahwa jika kita menginginkan diri kita, keluarga kita dan llingkungan sekitar kita untuk bisa sehat, maka kebersihan yang harus menjadi awal untuk mencapai tujuan itu.
  • Mencegah banjir
    Banjir sudah menjadi bencana rutin. Sudah jelas, karena sampah yang berhamburan dimana-mana. Sampah bisa menghambat aliran air dan resapan air. Perlu diperhatikan disini, agar setiap keluarga menyediakan bak sampah, agar bisa meminimalisir sampah berhamburan di tempat yang tidak seharusnya.
  • Mencegah bau tidak sedap
    Bau tidak sedap dari sampah yang dihasilkan sangat mengganggu dan mengundang bibit penyakit ke dalam tubuh manusia pada khususnya.
  • Agar terlihat rapi dan indah
    Kerapian dan keindahan dambaan setiap orang dalam mengelola lingkungan sekitar. Sampah bisa merusak pandangan dan membuat hati menjadi tidak nyaman ketika sampah bertebaran dimana-mana.
  • Memudahkan daur ulang sampah
    Sudah banyak yang bisa dihasilkan dari manfaat sampah yang dipilih dan diolah kembali menjadi produk berguna. Semakin banyak kita peduli akan bermanfaatnya membuang sampah pada tempatnya, maka akan membantu program dan proses daur ulang sampah menjadi baik.
  • Mencegah kerusakan tanah dan air
    Sampah yang berasal dari logam, kimia atau plastik bisa merusak unsur pada tanah dan air sehingga kemurnian dan kesuburan dari tanah dan air semakin tercemar. Dengan selalu membuang sampah tersebut pada tempatnya, maka kita akan mengurangi peluang tercemarnya tanah dan air yang selalu menjadi salah satu penopang hidup.

Inilah informasi bermanfaat betapa pentingnya menjaga kebersihan dengan cara membuang sampah pada tempatnya yang ternyata membuat lingkungan menjadi sehat, indah dan asri.
Share: