3 Zona Gempa Sepanjang Sumatera

Inilah tiga zona gempa sepanjang Sumatra yang di bagikan catatannya oleh Pakde yang ahli GeologiGempa yang terjadi hari Selasa 2 Juli 2013 kemarin selain mengagetkan juga menyadarkan bahwa ancaman gempa Sumatera tidak hanya berasal dari laut tetapi juga di darat.
Sumatera terpotong oleh patahan-patahan (sesar) besar sejajar memanjang sumbu Pulau Sumatera yang berarah Barat Laut – Tenggara. Ketiga zona gempa ini dikenali dengan :

  • Zona Subduksi
  • Zona Sesar Mentawai
  • Zona Sesar Semangko

Tiga zona gempa

Ketiga zona gempa ini sangat aktif dan merupakan manifestasi dari tumbukan Lempeng Samodra (Australian Plate) dari Selatan dengan Lempeng Benua (Asian Plate).

Ketiga zona yang harus diwaspadai

Zona Subduksi

Zona subduksi ini merupakan zona tumbukan antara Lempeng Tektonik Australia dengan Lempeng Tektonik Asia. Bila zona gempa ini dangkal dan berada di laut akan menyebabkan tsunami seperti yang terjadi pada Tsunami Aceh tahun 2004 lalu. Zona gempa ini menunjam sampai kedalaman lebih dari 70Km. Zona tumbukan ini juga diperkirakan menyebabkan melelehnya batuan yang menjadi sumber magma gunung-gunung api sepanjang sumatera, yang juga memanjang hingga ke Pulau Jawa.

Zona Sesar Mentawai

Zona ini berupa patahan naik akibat dari terpatahkannya lempeng Asia atau juga disebabkan oleh terpatahkannya batuan kumpulan (akresi) dari hasil tumbukan. Sesar Mentawai memanjang disekitar pulau-pulau Mentawai dari Utara Hingga ke Selatan. Diperkirakan tidak menerus tetapi terpotong-potong pada beberapa tempat. Gempa yang dialkibatkan pergeseran patahan Mentawai ini seringkali dangkal. Diperkirakan Gempa Padang disebabkan oleh gerakan dari sesar Mentawai ini.

Tiga Zona Gempa. Masih terus diteliti dan menjadi obyek riset

Zona Sesar Semangko

Zona patahan ini memanjang dibagian barat Pulau Sumatera. Memangjang sepanjang 1900 Km. Seringkali berupa dua tiga paralel. Menyebabkan terbentuknya beberapa Danau di Sumatera termasuk danau Singkarak yang merupakan amblesan akibat pergeseran sesar ini. Gempa yang disebabkan oleh patahan ini dangkal dan merusak.
Share: