TALI TEMALI section 3

  Oke sobat Rimba, pada TALI TEMALI section 1 dan 2 sobat sudah mengetahui beberapa simpul yaitu simpul dasar dan simpul "RATU SEGALA SIMPUL", yang ternyata banyak kegunaannya meskipun dengan cara sederhana kita mempelajarinya. Sekarang ada beberapa simpul yang tidak kalah banyak kegunaannya untuk tali temali di lapangan, diantaranya yaitu simpul “KUPU – KUPU”, namun sebelumnya kita pelajari simpul Water knot, simpul ini digunakan untuk menyambung dua pita webbing, simpul ini pembuatannya hampir sama dengan over hand knot. Kelebihannya simpul ini adalah cukup kuat.


Nah, sobat Rimba inilah yang disebut simpul “KUPU – KUPU” Butterfly knot/artillery knot, simpul ini disebut  simpul kupu – kupu karena biasa digunakan sebagai pengaman/penyambung pada tali bila pada tali ada yang rusak. Bisa juga dapat berfungsi sebagai tangga yang dibuat disepanjang tali tersebut.
 

Square lashing, simpul ini digunakan untuk mengikat balok kayu satu dengan yang lainnya.


Simple coil, simpul ini digunakan pada akhir gulungan tali. Simpul ini kelihatannya tampak sepele namun di lapangan nanti akan terbukti kegunaannya.


Share: