Gerhana Matahari 10 Mei 2013 Dan 9 Maret 2016

Pengen lihat gerhana matahari total nanti pada tanggal 9 maret 2016, gerhana matahari total yang lewat Indonesia belum tentu kita akan mengalami lagi karena perulangannya bisa puluhan tahun bahkan ratusan tahun sekali untuk melewati daerah yang sama. Berikut ini adalah catatan Pakde yang ahli Geologi.


Kota-kota yang akan dilewati gerhana matahari total (GMT) pada tanggal 9 Maret 2016 nanti. Mulai dari Pekanbaru, Palangkaraya, Banjarmasih, Balikpapan, Palu, Suasu, Bolaang, Poh, Ternate dan Kobe (Halmahera).
Bagi yang belum berkesempatan menyaksikan gerhana sebelumnya, Insya Allah tahun 2016 bisa menikmatinya. Karena menurut perhitungan akan ada Gerhana Matahari Total – GMT melewati kota-kota besar Indonesia.

Cataatt !! Yang ini jangan sampai lupa 8 Maret 2016, atau 9 Maret waktu Indonesia

Untuk membayangkannya silahkan tengok animasi peta daerah mana saja yg akan mengalami gerhana matahari total ini bisa dilihat dibawah ini.

WIB ditambah 7 Jam

Gerhana matahari total tahun 2016 memang akan menarik untuk menjadi pengamatan. Selain adanya keindahan dibalik keanehan, sesuatu yang jarang terjadi. Persiapan tanggal 10 Mei 2013 dulu.

WIB ditambah 7 Jam

Kalau masih tidak sabar menunggu hingga tahun 2016, bisa juga menengok gerhana matahari dulu yaitu tanggal 10 Mei 2013 nanti.
Walaupun yang total  hanya nampak dari daratan Australia dan Samodera Pasific Selatan Gerhana pada bulan Mei nanti berupa gerhana matahari total. Pada bulan Mei nanti gerhana matahari ini juga dapat diamati dari Indonesia tetapi tidak terlihat gerhana matahari total.